Protokol sederhana IVF ICSI bersama Dr. Charles MPL.

 

    
       Pengobatan Bayi Tabung Bersama Dr. Charles  MPL
    

Pendahuluan

         Tujuan  cara ini adalah untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan serta mengurangi hal yang tidak menyenangkan, ketidaknyamanan dan biaya.
        Walaupun ICSI biasanya dianjurkan pada suami yang hanya mempunyai sangat sedikit sperma, tetapi di lain pihak ICSI lebih baik dilakukan untuk semua kasus yang ingin menjalani IVF.
         Tujuannya adalah memaksimalkan jumlah embrio dengan metode ICSI. Dua embrio segar ditempatkan di dalam uterus dan sisanya dibekukan secara berpasangan untuk upaya pemindahan di masa yang akan datang. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan kehamilan secara keseluruhan.
         Selain itu, sebuah lubang dibuat pada kulit sel telur selama prosedur ICSI. Secara teori, hal ini memungkinkan embrio untuk menetas lebih mudah dan meningkatkan kemungkinan kehamilan.
         Satu skenario adalah untuk memproduksi kira-kira 12 folikel, memberikan 10 telur dan menghasilkan 8 embrio. Melalui proses ini dapat memperoleh sampai 4 kali pemindahan embrio, dengan demikian meningkatkan kemungkinan kehamilan secara keseluruhan.

 

Siklus persiapan :

1. Pada hari kedua siklus persiapan anda, darah diambil untuk pemeriksaan kadar FSH dan AMH guna menentukan dosis dari obat stimulasi ovarium.

2. Pada hari ketiga siklus persiapan anda, mulailah minum obat microgynon selama 14 sampai 28 hari. Tablet terakhir seharusnya diminum hari Senin.

3. Pada protokol LH-Agonis, hari senin, hari terakhir minum Microgynon, anda akan mulai menekan hormon dengan menyuntikkan Lucrin 0.1ml dalam lemak dibawah kulit daerah perut anda, satu kali sehari sampai pemicu HCG.   

4. Pada protokol LH-Antagonis, hari Selasa, sehari setelah tablet terakhir Microgynon, suntikkan Cetrotide 0.25mg dibawah kulit perut anda setiap hari selama tiga hari.

5. Pada protokol Flare-Up, kadang digunakan untuk wanita diatas usia 39 tahun atau memiliki FSH basal lebih dari 9 IU/lt atau  poor responder, lucrin dimulai bersamaan dengan Gonal F pada jumat pertama dari siklus pengobatan.

6. Hari Senin, hari terakhir Microgynon, dilakukan percobaan untuk memasukkan kateter embrio transfer Wallace melaluio serviks kedalam rongga rahim. Jika kesulitan ditemukan, dilakukan histeroskopi keesokan harinya untuk meluruskan saluran serviks. Jika ditemukan polip endometrium, semuanya itu diangkat. Untuk kasus-kasus kegagalan implantasi sebelumnya, dilakukan goresan pada endometrium dengan menggunakan alat biopsi endometrium.

 

Siklus Pengobatan

1. Pada Jumat pertama dari siklus menstruasi anda, anda akan memulai stimulasi ovarium dengan menyuntikkan Gonal F setiap hari selama lima hari dibawah kulit perut anda. Dosis bervariasi antara 150-600 IU, tergantung usia, panjang siklus, Antral Follicle Count, kadar FSH basal dan AMH.

2. Pada hari keenam suntikan, darah diambil untuk pengukuran kadar hormon Estradiol (E2). Ultrasonografi transvaginal dilakukan untuk megukur folikel dominan. Hal ini dilakukan berulang setiap dua hari. Dosis Gonal F akan diturunkan jika diperkirakan terjadi hiperstimulasi. Gonal F akan dilanjutkan sampai folikel dominan mencapai diameter 20mm.

3. Untuk Siklus LH-Antagonis, dimulai dari folikel mencapai 14mm, cetrotide 0.25 disuntikkan dibawah kulit perut anda sampai hari pemicu HCG diberikan.

4. Pada hari perkiraan telur matang, darah diambil untuk diukur kadar Estradiol dan Progesteronnya dan ultrasonografi dilakukan untuk menentukan folikel dominan.

5. Ketka dua atau lebih folikel melebihi diameter 20mm dan ketika kadar Estradiol mencapai 1000 pmol per liter per folikel yang melebihi 18mm, telur dinyatakan matang. HCG (Pregnyl) 10000 IU disuntikkan ke otot pantat anda kira-kira jam 11 malam, di ruang emergensi rumah sakit 36 jam sebelum pengambilan telur. Untuk kasus yang diperkirakan hiperstimulasi, dosis pemicu HCG (Pregnyl) diturunkan sampai 5000 IU.

6. Pada hari pengambilan telur, sperma diperoleh dari semen segar atau dari semen simpan beku atau dari biopsi testis.

7. Pengambilan sel telur adalah tindakan operasi sehari. Dilakukan dalam anestesi umum singkat dengan jarum transvaginal Cook. Hanya akan terasa sedikit tidak nyaman setelah tindakan ini dilakukan.

8. Telur kemudian dilepaskan dari cumulus dan injeksi intrasitoplasma (ICSI) dilakukan.

9. Satu hari setelah pengambilan sel telur, fase luteal support dimulai. Anda akan diberikan obat hormone, progesteron (Crinone) 90mg dimasukkan ke dalam vagina dua kali sehari selama duapuluh hari. Hal ini akan meningkatkan reseptivitas dinding rahim (endometrium) terhadap embrio. Jika anda tidak nyaman dengan Crinone per vagina, dapat diganti oleh Cyclogest 400mg dimasukkan dua kali sehari ke rectum.

10. Untuk kasus dimana hiperstimulasi mungkin terjadi, bukan diberikan HCG, melainkan fase luteal support ditingkatkan dengan estradiolvalerate (progynova) 2mg, tiga tablet dua kali sehari mulai satu hari setelah pengumpulan telur sampai 20 hari ke depan. Fase luteal support juga ditingkatkan dengan utrogestan oral 100mg, dua kapsul dua kali sehari dan Duphaston 10mg dua kali sehari selama 20 hari.

11. Sehari setelah pengumpulan telur, telur-telur yang telah disuntik dan diinkubasi akan diperiksa apakah terjadi pembuahan. Embriolog akan memberikan informasi pada anda kemajuan dari embrionya tiap hari.

12. Lima hari setelah pengumpulan sel telur, embrio-embrio akan masuk pada tahap blastosis. Tergantung pilihan anda, satu atau dua embrio akan dimasukkan ke dalam rahim dengan kateter Wallace atau Cook. Prosedur embrio transfer tidak nyeri.

13. Pada hari embrio transfer, fase luteal support  ditingkatkan dengan HCG (Pregnyl) 2500 IU dibawah kulit jika tidak ada tanda-tanda hiperstimulasi

14. Empat belas hari setelah transfer embrio, urine anda akan dilakukan tes kehamilan. Jika anda hamil, Crinone, Utrogestan, Duphaston, dan Progynova akan dilanjutkan sampai 10 minggu ke depan. Anda akan diberikan juga asam folat 5mg , salbutamol (ventolin) 1mg dua kali sehari.

15. Jika menstruasi terjadi, anda akan diberikan Progynova 2mg, tiga tablet dua kali sehari, mulai dari hari ketiga menstruasi anda. Pada hari ke-15 dari siklus menstruasi anda, ketebalan dinding endometrium akan diukur. Jika 8mm atau lebih, Crinone, Utrogestan dan Duphaston akan diberikan dan embrio transfer beku akan dilakukan empat hari setelahnya. Alternatifnya adalah anda akan dilihat pada hari ke-12 dari siklus menstruasi untuk penentuan embrio transfer beku. Urine akan dilakukan tes LH dua kali sehari dan embrio transfer blastosis akan dilakukan tujuh hari setelah lonjakan LH.

Lihat bayi-bayi dan anak-anak IVF dengan menekan klik di sini.    

 

Halaman Utama,   Pesta Anak-anak,   Pendahuluan,   Konsultasi Pertama,   Pemeriksaan,   Indikasi,   Protokol bayi tabung,  Pertanyaan tersering ditanyakan,   Kontak Dr.Charles,   Peta Lokasi,  English

Berikut          

Hak cipta 2014    ivf-treatment.com   Seluruh hak dilindungi