Pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai pengobatan IVF
        Jika anda mempunyai pertanyaan dan kekuatiran mengenai berbagai aspek dari pengobatan IVF, anda dipersilahkan melihat pada pertanyaan dan jawaban berikut di bawah ini. Silahkan melihat ke bawah untuk mengetahui semua pertanyaan. 

 

    
       Pengobatan Bayi Tabung Bersama Dr. Charles  MPL
    

Apa penyebab infertilitas ?
        Kira-kira 40 % berasal dari laki-laki, 40 % berasal dari perempuan dan 20 % tidak ada penyebab jelas yang dapat diketahui. Banyak pasangan mengalami penyebab gabungan berasal dari laki-laki dan perempuan.
        Penyebab pada laki-laki mengakibatkan pengurangan jumlah dan kualitas sperma.
        Penyebab pada perempuan dapat meliputi satu atau lebih hal berikut :
        -
          Endometriosis
        -
          Kelainan ovulasi meliputi penyakit polikistik ovarii  
        -       Sumbatan atau penyakit tuba falopii.

Apa yang dimaksud dengan konseling fertilitas ?
        Salah satu bentuk konseling fertilitas  adalah diskusi pribadi dengan seorang perawat konselor yang ramah. Anda dapat menceritakan perasaan dan kekuatiran anda mengenai status fertilitas anda, program pengobatan dan kesempatan anda untuk hamil. Ia akan mendengarkan dengan sabar dan menjawab pertanyaan anda sebaik mungkin. Ia akan membantu anda dalam mengatasi kekuatiran anda dan memungkinkan anda untuk memutuskan tindakan selanjutnya.


Rangkaian pengobatan fertilitas apa yang tersedia ?
        Pengobatan pilihan adalah mengobati penyebab utama.
        Misalnya jika masalah anda adalah ovulasi yang tidak teratur, induksi ovulasi merupakan pilihan yang tepat. Jika kamu memiliki PCO, tablet Metformin bisa membantu. Walaupun demikian pada banyak kasus, hal ini mungkin tidak menghasilkan kehamilan meskipun beberapa siklus induksi ovulasi sudah dilakukan. Pada kasus seperti ini IVF mungkin menjadi pilihan tepat. 
        Jika anda menderita endometriosis, pengobatan yang dipilih adalah membersihkan rongga panggul dari penyakit dengan pertama-tama menekan ovulasi dengan Depot Lucrin diikuti pengangkatan kista dan penghancuran endapan endometrosis melalui laparoskopi. Jika setelah enam bulan konsepsi tidak terjadi, lebih baik untuk mencoba pengobatan tambahan. Salah satunya adalah melakukan induksi ovulasi dengan harapan meningkatkan kesempatan untuk hamil. Usaha lainnya adalah IVF. 
        Jika anda menderita penyakit tuba falopii, hal ini kadang-kadang dapat diatasi dengan pembedahan laparoskopi. Pada penyakit tuba yang berat, akan lebih efektif untuk mendapatkan kehamilan dengan IVF. Meskipun demikian, laparoskopi untuk mengangkat hidrosalping yang melebar sebelum IVF akan mengoptimalkan hasil.
        Jika suami anda memiliki jumlah sperma yang sedikit, pengobatan meningkatkan sperma dapat dicoba. Inseminasi Intra Uterus ( IUI / Intra Uterine Insemination ) menjadi suatu pilihan. Tetapi jika hanya terdapat sedikit sekali sperma, kesempatan yang hanya tersisa adalah dengan jalan IVF dengan ICSI ( Intra Cytoplasmic Sperm Injection ). Walaupun tidak ada sperma dalam semen (azoospermia), tetapi bila beberapa sperma hidup dapat diambil dari testis, kehamilan masih dapat dicapai dengan ICSI.
        Jika tidak ada sel telur tertinggal di ovarium atau jika tidak ada produksi sperma di testis, jalan terakhir adalah mempertimbangkan penggunaan sel telur atau sperma dari donor.  
 

Apa yang dimaksud dengan In Vitro Fertilization ?
       
In Vitro Fertilization (IVF) adalah suatu proses dimana sel-sel telur dikumpulkan dari ovarium anda dicampur dengan sperma-sperma suami anda di dalam tabung test atau piring plastik dengan tujuan satu sperma memasuki satu telur dan penggabungannya menghasilkan satu embrio. Satu sampai tiga embrio akan ditempatkan didalam uterus anda untuk implantasi dan berkembang menjadi satu atau beberapa bayi.
         IVF disarankan jika anda tidak dapat hamil dengan jalan normal atau pengobatan lain tidak berhasil untuk mendapatkan bayi yang anda sangat inginkan.
        (Lihat Protokol Sederhana IVF ICSI 
        (Lihat ICSI, telur yang dibuahi dan embrio) 
  
        (Lihat IVF Bayi-bayi dan Anak-anak)  

Test-test apa yang harus dilakukan sebelum menjalani pengobatan IVF di Singapura ?
        Test-test antara lain Human Immune Deficiency Virus (HIV), Syphilis and Hepatitis B Virus dibutuhkan dari anda dan suami anda dan dilakukan di laboratorium di Singapura dalam waktu enam bulan sebelum usaha IVF. Anda juga harus diperiksa Campak Jerman ( Rubella ). Imunisasi pencegahan akan ditawarkan jika anda tidak mempunyai imunitas.
        Test opsional tapi diperlukan adalah Hemoglobin, Elektroforesis Hemoglobin, Golongan darah, Ig M Toxoplasma, Pap smear dan Hapusan dari cervix anda untuk Chlamydia. Suami anda sebaiknya melakukan kultur semen untuk bakteri dan Mycoplasma.
        Pada hari pertama atau kedua dari siklus menstruasi, kadar Follicle Stimulating Hormon (FSH) akan diukur untuk menentukan dosis awal yang cocok dari obat-obatan stimulasi ovarium.  

Apa makna dari peningkatan kadar Follicle Stimulating Hormon (FSH) basal ?  
        Peningkatan kadar FSH basal berarti jumlah sel telur yang berada di dalam ovarium berkurang. Dosis yang lebih tinggi dari obat-obatan stimulasi ovarium dibutuhkan untuk memproduksi sel-sel telur yang matang. Walaupun demikian, kualitas beberapa sel telur mungkin kurang optimal.  
        Jika kadarnya sangat tinggi dan berada dalam batas menopause, hal ini menunjukkan bahwa tidak ada lagi sel telur yang tertinggal di ovarium untuk menjadi matang. Menggunakan sel telur dari donor akan lebih efektif.  


Apa yang dimaksud dengan Folikel ?  
        Folikel adalah struktur  berisi cairan yang merupakan tempat pertumbuhan sel-telur (oocyte). Bagian penutup dari folikel mengandung sel-sel yang memproduksi hormon wanita (estrogen) dinamakan Estradiol 17 beta. Setelah melepaskan sel telur (ovulasi), sel-sel produsen hormon ini ganti membuat hormon penunjang implantasi dinamakan Progesteron. Struktur ini warnanya kuning dan dinamakan Corpus Luteum.  

Obat-obatan apakah yang diguankan untuk pengobatan fertilitas pada IVF ?  
        Pada salah satu penanganan IVF , 0.1 ml Lucrin disuntikkan setiap hari di bawah kulit perut anda dimulai pada hari ke 21 dari siklus persiapan sampai hari terjadinya stimulasi HCG. Obat ini menekan kelenjar pituitary di otak dari  stimulasi produksi hormon Lutein (LH / Luteinizing Hormone). Hal ini mencegah peningkatan LH secara spontan  yang mengganggu  pada waktu pengumpulan sel telur.  
        Pada siklus IVF yang sesungguhnya, FSH (Follicle Stimulating Hormon) Gonal F 150 - 600 units disuntikkan di bawah kulit perut setiap hari dimulai dari hari ke dua sampai hari ke sepuluh atau sebelas, supaya anda menghasilkan banyak sel telur untuk diambil. Setelah hari ke tujuh dari suntikan, darah anda akan diambil untuk menilai kadar hormon estrogen dan pemeriksaan ultrasonografi dilakukan untuk melihat jumlah dan ukuran folikel anda.  
        Ketika dinilai folikel telah matang, dosis stimulasi HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) (Pregnyl) 10.000 unit, yang menyerupai LH alami, disuntikkan
ke dalam otot pantat pada kira-kira jam 11 malam. Suntikan ini melengkapi proses pematangan akhir dari sel-sel telur.  
       
Setelah pengumpulan telur, penunjang fase luteal dimulai. Progesterone (Crinone ) 90 mg dimasukkan  ke dalam vagina dua kali sehari selama 20 hari. Hal ini meningkatkan kemampuan dinding uterus anda (endometrium) untuk menerima embrio.  
       Pada kasus adanya kemungkinan terjadi hiperstimulasi, sebagai gantinya HCG, support fase luteal ditambahkan dengan Estradiol valerate (Progynova) 2mg, dua tablet 3 kali sehari dimulai sejak hari pengumpulan telur sampai 20 hari kemudian. Support fase luteal juga ditambahkan dengan Duphaston 10mg oral tiga kali sehari selama 20 hari berikutnya.
        Obat-obatan ini telah dipilih secara khusus karena mempunyai catatan yang baik dalam memberikan respon hasil optimal dan konsisten pada IVF. Obat-obatan ini juga dipilih karena stabil dalam temperatur ruang dan dapat dibawa anda tanpa perlakuan khusus.  

Komplikasi apa yang dapat terjadi dalam pengobatan dengan IVF ?  
        Komplikasi adalah efek  tidak diinginkan yang berhubungan dengan pengobatan.  
        Komplikasi utama dari IVF adalah sindrom hiperstimulasi ovarium ( OHSS / Ovarian Hyperstimulation Syndrome ).  
        Komplikasi kedua adalah kehamilan multiple dengan kemungkinan kembar tiga, kembar empat, dsb.  
        Komplikasi ketiga adalah kehamilan ektopik. Komplikasi lain yang jarang terjadi adalah perdarahan dan infeksi disebabkan tusukan jarum pada hari pengumpulan telur.  


Apa efek samping dari obat-obatan yang menstimulasi ovum ?  
       
Yang terutama adalah Ovarian Hyperstimulation Syndrome (OHSS)  
        Yang kedua adalah kehamilan multiple.  
        Komplikasi lainnya berasal dari ovum yang membesar. Ia dapat berputar sehingga menjadi torsi, atau mungkin berdarah atau robek, sehingga membutuhkan operasi. Kadang-kadang sebuah kista fungsional bertahan setelah siklus berakhir.  

Apa yang dimaksud dengan Ovarian Hyperstimulation Syndrome (OHSS)?  
        Suatu keadaan dimana banyak folikel  dihasilkan dan menyebabkan akumulasi cairan di dalam perut dan kadang-kadang di rongga dada. Cairan perut ini menyebabkan kembung. Cairan di dalam rongga dada menyebabkan kesukaran bernafas.  
        Keadaan ini biasanya sementara. Meskipun demikian wanita dengan polikistik ovarii lebih sensitif terhadap FSH dan lebih sering terjadi hiperstimulasi yang berat. Kadang-kadang diperlukan perawatan di rumah sakit dan mungkin dilakukan pengeluaran cairan yang terakumulasi dari rongga abdomen dan adakalanya  dari dada.  
        Pengobatan dengan infus albumin pekat efektif dalam memperbaiki keadaan ini.  
        Penanganan yang lebih dipilih adalah mencegah komplikasi IVF ini. Jika terdapat  banyak folikel yang tumbuh, caranya adalah membatalkan siklus dengan menghilangkan stimulasi HCG. Pada penanganan ini hampir tidak ada resiko terjadinya hiperstimulasi. Siklus baru dapat dimulai dengan dosis rendah FSH.  
         Cara lain adalah memulai dengan stimulasi HCG (5,000 unit), mengambil semua folikel dan menyimpan embrio dalam keadaan beku untuk dipindahkan di waktu yang akan datang. Hal ini mencegah bertambahnya OHSS lebih lanjut jika kehamilan terjadi pada siklus yang sama.  
        
Pada kasus dimana kemungkinan terjadinya hiperstimulasi, dosis pencetus HCG (Pregnyl) dikurangi menjadi 5,000 unit. Tidak perlu diberikan HCG lanjutan. Sebagai gantinya, support fase luteal ditambahkan dengan Estradiol valerate (Progynova) 2mg, 2 tablet tiga kali sehari dimulai sejak hari pengumpulan telur sampai 20 hari kemudian. Support fase luteal juga ditambahkan dengan Duphaston 10mg oral tiga kali sehari selama 20 hari berikutnya.    

Kapan saya tahu bahwa sel telur sudah matang ?  
         Jika dua atau lebih folikel utama anda berdiameter rata-rata 20 mm dan jika kadar Estradiol anda kira-kira 1,000 pmol per liter untuk setiap folikel besar, sel telur anda sudah cukup matang untuk dilakukan penyuntikan stimulasi HCG. Biasanya akan terdapat mukus jernih dari vagina anda dan scan ultrasound akan menunjukkan suatu penebalan endometrium lebih dari 8 mm.  

Apa yang terjadi pada saat pengumpulan sel telur ?  
        Anda tidak boleh makan atau minum selama enam jam sebelum prosedur dilakukan. Anda harus mengosongkan kandung kemih anda dan akan diberi anestesi umum singkat selama kurang dari lima belas menit. Sebuah jarum ukuran 14 akan dimasukkan dengan tuntunan scanning ultrasound  vaginal. Folikel akan dikosongkan secara sistematis dan cairan aspirasi akan diperiksa di bawah mikroskop untuk mencari komplek cumulus-oocyte. Antibiotika akan diberikan dan setelah istirahat lima jam, anda boleh pulang ke rumah. Anda akan merasakan sedikit rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah untuk beberapa waktu dan obat penghilang rasa sakit akan diberikan kepada anda. Mungkin terjadi perdarahan dari vagina setelah pengumpulan sel telur. Perdarahan ini biasanya sedikit dan akan berhenti dalam dua hari.  

Apa yang dimaksud dengan ICSI ?  
        Intra Cytoplasmic Sperm Injection (ICSI) adalah modifikasi dari IVF.  
        ICSI adalah suatu prosedur dimana sperma yang tidak bergerak disedot ke dalam pipet yang sangat sempit dan kemudian disuntikkan ke dalam sel telur, sehingga memungkinkan  terjadinya pembuahan.  
        Hal ini biasanya dilakukan jika sperma tidak dapat masuk ke dalam sel telur dengan kekuatannya sendiri.  
        Hampir semua bentuk dari infertilitas pada laki-laki dapat diatasi dengan menggunakan ICSI dan penggunaan sperma donor menjadi kurang diperlukan.  
        ICSI juga dapat digunakan untuk memaksimalkan hasil embrio.  
  (Lihat ICSI, telur yang dibuahi dan embrio) 

Apa yang dimaksud dengan bantuan penetasan ?  
        Beberapa wanita mempunyai kulit sel telur (zona pellucida) yang keras dan mungkin mencegah perkembangan embrio dari penetasan dan implantasi di rahim. Untuk membantu penetasan, kulit sel telur dibuka. Hal ini dapat dilakukan secara mekanik, optikal (laser) atau kimiawi (asam).  
        Dalam kasus ICSI, kulit sel telur telah dilemahkan dengan masuknya pipet injeksi sperma. Secara teori, hal ini memungkinkan penetasan terjadi lebih mudah.  

Dapatkah telur saya dibuahi ?  
        Pembuahan tergantung pada kualitas sel telur dan sperma. Dengan ICSI, variabel utama adalah kualitas sel telur. Kualitas sel telur tergantung pada usia anda dan kadar FSH basal. Kemungkinan pembuahan meningkat dengan melakukan ICSI.  

Apa yang dimaksud dengan pemindahan Embrio ?  
        Ini adalah proses dimana sel telur yang sudah dibuahi ditempatkan di dalam uterus anda menggunakan kateter fleksibel (Wallace). Prosedur ini tidak menimbulkan rasa sakit. Memasukkan kateter dikerjakan dengan perlahan-lahan. Kadang-kadang perlu digunakan kateter yang lebih kaku (Cook K Jet) dan bantuan ultrasonografi untuk memasukkan kateter. Penarikan kateter juga delakukan dengan perlahan-lahan. Setelah kateter dikeluarkan, akan dilakukan pemeriksaan di bawah mikroskop untuk meyakinkan bahawa semua embrio sudah ditempatkan di uterus.  

Berapa jumlah embrio yang ideal untuk dipindahkan ?  
        Biasanya dua embrio ditempatkan di dalam uterus pada saat yang sama. Hal ini dilakukan karena kemungkinan kehamilan rendah jika hanya satu embrio yang dipindahkan. Di sisi lain, ada kemungkinan kehamilan kembar tiga jika tiga embrio dipindahkan. Kehamilan kembar tiga mengakibatkan kemungkinan lebih besar terjadinya kelahiran prematur dan harus dicegah.  
        Sebenarnya keputusan pada setiap kasus akan tergantung pada berbagai faktor. Pemindahan tiga embrio akan dipertimbangkan jika anda berusia lebih dari 37 tahun, mempunyai kadar FSH basal yang meningkat, atau tidak berhasil pada usaha IVF sebelumnya.  

Apakah Istirahat Total Di Tempat Tidur perlu dilakukan setelah pemindahan embrio ?  
         Tidak ada perbedaan yang jelas untuk kemungkinan kehamilan jika anda melakukan istirahat total di tempat tidur atau tidak. Bagaimanapun juga, lebih baik jika anda  tidak melakukan aktivitas berat.  

Dapatkah saya berhubungan seksual dengan suami saya dalam 2 minggu setelah pemindahan embrio ?  
       
Belum ada bukti bahwa menghindari senggama selama 2  minggu setelah pemindahan embrio membuat perbedaan dalam kemungkinan kehamilan. Meskipun demikian banyak pasangan lebih memilih untuk menghindari senggama.  

Apa yang dimaksud dengan implantasi ?  
        Implantasi adalah proses tertanamnya embrio yang telah menetas ke bagian dalam uterus anda dan mulai mengambil makanan dan oksigen dari anda. Hal ini terjadi beberapa hari setelah pemindahan embrio dan anda tidak akan bisa merasakannya.  

Apa artinya jika saya mengalami perdarahan ringan dalam 14 hari setelah pemindahan embrio?  
        Perdarahan mungkin disebabkan oleh implantasi embrio atau pelepasan embrio atau menstruasi dini. Lebih baik jika anda melakukan test urine untuk mengetahui kehamilan pada waktu yang ditentukan ( biasanya 16 hari setelah pemindahan embrio) agar memperjelas penyebab dari perdarahan.  

Kapan waktu yang paling cepat saya dapat melakukan test urine untuk mengetahui kehamilan?  
        Lebih baik melakukan test urine untuk mengetahui kehamilan  16 hari setelah pemindahan embrio. Melakukannya terlalu awal dapat membuat hasil negatif walaupun sebenarnya anda hamil karena kadar HCG dari kehamilan yang sangat awal belum cukup untuk muncul pada test urine. Di sisi lain, jika anda diberikan support fase implantasi (Luteal) dalam bentuk injeksi HCG (Pregnyl), anda mungkin mendapat hasil positif walaupun sebenarnya anda tidak hamil.  
        Karena itu, dapat terjadi kesalahan jika melakukan test urine terlalu awal.  

Apa yang dimaksud dengan pembekuan dan penyimpanan embrio ?  
        Ini adalah proses dimana kelebihan embrio anda dibekukan dengan cara diturunkan ke suhu minus 196 derajat Celcius, temperatur dari Nitrogen cair,  disimpan untuk keperluan pencairan dan pemindahan embrio di kemudian hari. Embrio-embrio ini mulanya ditempatkan di dalam tabung-tabung kecil dalam satu-satu dan dua-dua  bersama-sama pada pengawetan cryo. Tabung-tabung kecil  ini kemudian ditempatkan dalam program khusus mesin pembeku yang mengatur temperatur embrio menjadi minus 150 derajat Celcius. Embrio-embrio kemudian ditempatkan di dalam wadah dari Nitrogen cair. Secara teori, pada suhu minus 196 derajat Celcius, embrio  akan bertahan hidup untuk jangka waktu yang tidak terbatas. Dalam prakteknya, embrio ini akan dicairkan dan digunakan untuk dipindahkan dalam waktu lima tahun.  

Dapatkah embrio beku saya bertahan hidup dalam penyimpanan ?  
       
Kualitas dari embrio anda menjadi penentu utama untuk bertahan hidup dan implantasi. Harapan hidupnya kira-kira 80 %. Kualitas embrio sangat ditentukan oleh kualitas sel telur anda (oocytes).  

Bagaimana saya menjalani pemindahan pencairan embrio pada siklus alami ?  
       
Jika anda mempunyai siklus ovulasi yang teratur. Urine anda akan diperiksa dua kali sehari untuk mengetahui peningkatan hormon Luteinizing, dimulai pada hari ke 12 sampai hari ke 16 dari siklus menstruasi anda.
        Hal ini terlihat sebagai dua garis jelas dalam kaset pemeriksaan. Anda akan diberikan suntikan 10,000 unit HCG (Pregnyl) di bawah kulit perut. Jika embrio anda telah dibekukan pada stage sel 6 atau 8, transfer akan dilakukan lima hari setelah injeksi. 
        Pada hari transfer, anda akan menjalani pemeriksaan ultrasonografi trans abdominal untuk menentukan posisi rahim dan panjangnya rongga rahim anda. 
        Jumlah embrio yang akan ditransfer akan ditentukan dan embrio tersebut akan dicairkan dan pengawet cryo akan dicuci. Embrio yang telah dicairkan akan diperiksa kemampuan hidupnya sebelum dipindahkan. 
        Dua hari sebelum transfer embrio, support fase luteal dimulai. Progesteron vaginal 90mg (Crinone) dimasukkan dua kali sehari selama 20 hari.
        Pada hari transfer embrio, penanaman support fase luteal juga ditambahkan dengan 2,500 unit HCG (Pregnyl) di bawah kulit.  Hal ini diulangi setiap tiga hari sampai sejumlah 4 kali.
 
        Enam belas hari setelah transfer embrio, akan dilakukan test urine untuk mengetahui kehamilan.
        Jika anda hamil, Crinone akan diteruskan sampai 10 minggu berikutnya. Anda juga diberikan asam folat 5mg sehari dan salbutamol (Ventolin) 1mg dua kali
sehari.


Bagaimana caranya bila saya mengikuti program transfer embrio cair pada siklus induksi ovulasi?
1.      Minumlah 1 tablet (50 mg) Duinum (clomiphene citrate) mulai hari ke 3 sampai hari ke 7 dari siklus menstruasi anda.
2.      Pada hari ke 8 dari siklus menstruasi anda, anda akan diberikan 1 ampul Gonal F (75 unit), ke lemak di bawah kulit perut melalui sebuah jarum tajam ukuran no 27. Hal ini akan diulangi pada hari ke 10.
3.      Anda akan diperiksa pada hari ke 12 dari siklus menstruasi anda untuk dilihat adanya pertumbuhan folikel  melalui sebuah pemeriksaan ultrasonografi trans-vaginal.
4.      Jika ada lebih dari 3 folikel dengan diameter lebih besar dari 14 mm, dosis ketiga Gonal F akan ditiadakan. Hal ini akan mengurangi kemungkinan, sindrom hiperstimulasi indung telur ( OHSS / Ovarian Hyperstimulation Syndrome ).
5.      Anda akan diminta untuk melakukan test LH ( Lutenizing hormone ) pada sediaan urine pagi yang kedua. Test ini dilakukan pada hari ke 13 sampai hari ke 17 dari siklus menstruasi anda. Perangkat test LH ini berbentuk sebuah kaset dimana kedalamnya diteteskan tiga tetes urine pagi yang kedua. Munculnya dua garis menandakan ovulasi akan segera terjadi.
6.      Jika embrio dibekukan dalam tingkat 6-8 sel, maka transfer akan dilakukan 5 hari setelah injeksi.
7.      Pada hari transfer, anda akan dilakukan pemeriksaan ultrasonografi untuk menilai posisi rahim dan panjang dari rongga rahim.
8.     
Jumlah embrio yang akan ditransfer akan ditentukan dan embrio tersebut akan dicairkan dan pengawet cryo akan dicuci. Embrio yang telah dicairkan akan diperiksa kemampuan hidupnya sebelum dipindahkan. 
9.      Dua hari sebelum transfer embrio, support fase luteal dimulai. Progesteron vaginal 90mg (Crinone) dimasukkan dua kali sehari selama 20 hari.
10.    Pada hari transfer embrio, support fase implantasi (luteal) juga ditambahkan dengan 2,500 unit HCG (Pregnyl) di bawah kulit.  Hal ini diulangi setiap tiga hari sampai sejumlah 4 kali.
 
11.    Enam belas hari setelah transfer embrio, akan dilakukan test urine untuk mengetahui kehamilan.
12.       Jika anda hamil, Crinone akan diteruskan sampai 10 minggu berikutnya. Anda juga diberikan asam folat 5mg sehari dan salbutamol (Ventolin) 1mg dua kali sehari.

 

Bagaimana saya menjalani transfer embrio dalam siklus penggantian hormon?
         
Hal ini berlaku jika anda tidak mempunyai siklus menstruasi yang teratur atau sedang menerima sel telur donasi.
          Anda  mulai  minum pil kontrasepsi oral Microgynon dimulai pada hari ketiga dari siklus menstruasi selama 21 hari. Sejak hari ke 17 dari siklus anda, injeksi 0.1ml Lucrin subkutis diberikan ke dalam jaringan lemak di bawah kulit perut anda, setiap hari sampai Crinone di masukkan.
          Untuk merangsang fase proliferasi dari siklus menstruasi, diberikan estrogen, 2mg Estradiol valerate (Progynova), dua tablet tiga kali sehari selama 12 sampai 20 hari sampai tebal endometrium lebih dari 8mm dan terdapat mucus cervical jernih.
          Untuk merangsang fase sekresi dari siklus menstruasi, 90mg progesterone vagina (Crinone) disisipkan dua kali sehari selama 20 hari.
           Penggantian embrio membutuhkan satu hari setelah progesterone dimulai. Pada hari transfer, anda akan dilakukan pemeriksaan ultrasonografi trans abdominal untuk menentukan posisi uterus dan panjangnya rongga rahim anda.
           Jumlah embrio yang ditransfer akan ditentukan, embrio tersebut akan dicairkan dan pengawet an beku akan dicuci. Embrio cair akan diperiksa kemampuan hidupnya sebelum di transfer.
            Test urine untuk kehamilan dilakukan 16 hari setelah transfer embrio.  Jika terjadi kehamilan, Progynova dan Crinone akan diteruskan sampai 10 minggu. Anda juga diberikan asam folat 5mg setiap hari, 1 mg salbutamol (Ventolin) dua kali sehari dan 10 mg Duphaston tiga hari sehari.


Faktor-faktor apa yang mempengaruhi hasil ?  
       
Kemungkinan kehamilan dipengaruhi oleh umur anda dan kadar FSH basal. Secara umum, makin muda usia anda hasilnya makin baik.  
        Kemungkinan kehamilan juga tergantung pada jumlah embrio yang dipindahkan. Walaupun makin banyak embrio yang dipindahkan meningkatkan kemungkinan kehamilan, tetapi juga  kemungkinan lebih besar menjadi kehamilan multipel dengan masalah yang berhubungan dengan kelahiran prematur. Dalam prakteknya, dua atau tiga embrio yang akan dipindahkan.  

Apa yang dilakukan pada pertemuan pertama ?  
       
Anda diharapkan membawa seluruh test terdahulu yang sudah anda  dan suami anda lakukan untuk ditunjukkan pada spesialis fertilitas. Dr. Charles MPL akan meninjau riwayat siklus menstruasi anda, test-test terdahulu dan pengobatan, kemudian memeriksa anda dan suami anda. Anda akan diberikan diagnosa sementara dari penyebab  yang diduga menyebabkan tidak terjadinya kehamilan. Berdasarkan penemuan-penemuan yang didapat, anda akan diminta untuk melakukan satu seri test tambahan dan rencana sementara pengobatan akan ditentukan.  
        Jika pengobatannya adalah IVF, rencana akan meliputi test darah, konseling, stimulasi ovarium, pengumpulan sel telur, pemindahan embrio, support fase luteal, dan test kehamilan.  
        Dibuat perjanjian di kemudian hari untuk meninjau hasil-hasil dari test yang diminta dan mengubah rencana pengobatan jika perlu.  

Persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk pengobatan IVF di Singapura ?  
Persyaratan ini hanya ditujukan pada IVF yang dilakukan di Republik Singapura.  
        Akte pernikahan sah.  
        Dibawah 45 tahun.  
        Indikasi jelas.  
        Test HIV (Human Immune Deficiency) negatif yang dilakukan di laboratorium Singapura dalam waktu 6 bulan terakhir.  
        Dilakukan test Syphilis dan Hepatitis B di laboratorium Singapura dalam waktu 6 bulan terakhir.  
        Test Campak Jerman (Rubella).  

Saran apa yang anda bisa berikan kepada pasangan dari luar negeri yang ingin datang ke Singapura untuk pengobatan IVF ?  
       
Akan lebih berguna jika anda dapat melakukan test darah untuk kadar FSH pada hari ke 2 menstruasi anda di negara anda. Anda dan suami anda sebaiknya tiba di Singapura setelah menstruasi baru saja selesai. Hal ini akan memudahkan waktu anda untuk konsultasi awal, konseling dan test. Ini membutuhkan waktu kira-kira tiga hari, setelah itu anda dan suami anda dapat kembali ke negara anda dengan mendapat obat-obatan.  
        Anda akan diberikan satu vial Lucrin dan jarum suntik untuk dimulai pada hari ke 21 dari siklus persiapan. Anda juga akan diberikan Gonal F untuk disuntikkan dari hari ke 2 dari siklus stimulasi selama tujuh hari.  
        Anda akan kembali ke Singapura setelah enam hari suntikan Gonal F dan tinggal kira-kira selama sepuluh hari. Suami anda akan datang ke Singapura jika hari pengambilan sel telur telah ditentukan. Ia akan tinggal hanya untuk dua hari. Jika ia memilih untuk membekukan dan menyimpan spermanya pada kunjungan pertama, ia tidak perlu mengadakan perjalanan kedua.  
        Untuk keperluan pencairan, anda perlu berada di Singapura kira-kira tujuh hari. Suami anda tidak perlu hadir.  
        Silahkan click
Singapore Immigration Hyperlink untuk mengetahui apakah anda membutuhkan visa untuk masuk ke Singapura.  
        Silahkan hubungi Dr. Charles MPL jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut.  

Bagaimana saya dapat menghubungi Dr. Charles MPL ?  
        Metode yang tercepat adalah menelepon Dr. Charles MPL di no telepon : (65) 6737 3666 atau Fax: (65) 6738 3808. Kalau anda lebih memilih e-mail, anda dapat click pada alamat ini  dr.charles.mpl@gmail.com  tersedia pada Microsoft Outlook Express yang sudah dirancang untuk mengirim e-mail. Atau anda dapat mencatat alamat ini, meminimalkan web page, memilih web courier anda dan mengirim e-mail anda.  

Dimana klinik Dr. Charles MPL ?  
       
3 Mount Elizabeth,  
        #13-02, level 13,  
        Mount Elizabeth Medical Center,  
        Singapore 228510  
        Republic of  Singapore  
        (click disini untuk melihat peta)  

Akomodasi apa yang tersedia dekat dengan klinik Dr. Charles MPL di Singapura ?  
        Berikut ini adalah beberapa hotel yang dekat yang dapat dicapai dengan jalan kaki.             

                                York Hotel               tel    +65 6737 0511     
                                Elizabeth Hotel           tel   +65 6738 1188                
                                The Quincy                  tel   +65 6496 7699
                                Grand Park Orchard    tel   +65 6603 8888 
                                Mandarin Orchard       tel   +65 6737 2200
                                Marriott Hotel             tel   +65 6735 5800
                                Grand Hyatt Hotel       tel   +65 6738 1234    

Anda juga dapat mencari hotel lain pada :  
                                             
hotels.online.com.sg
                                              www.singaporehotels.net
                                              asiarooms.com


Apa yang dimaksud dengan Cara Perbaikan Sperma ?  
        Lebih baik jika setiap suami disarankan untuk berusaha memperbaiki kuantitas dan kualitas spermanya agar meningkatkan kemungkinan fertilisasi dan konsepsi. Cara utama adalah menjaga scrotum dan testis dingin. Produksi sperma bertambah baik jika testis berada dalam temperatur rendah.  
Saran berikut ini dapat diberikan kepada suami anda.  
-
          Pakailah celana dalam terbuat dari katun atau satin yang longgar, boxer style. Pakai celana piyama satin.  
-
          Pakailah hanya celana panjang yang longgar dan hindari memakai jeans.  
-
          Gunakan alas tempat duduk yang dingin di mobilnya dan hindari duduk di atas permukaan panas.  
-
          Kedua paha menjauh ketika duduk dan jangan menyilang kaki.  
-
          Mandi dengan air dingin dan hindari mandi berendam dengan air hangat dan sauna.  
-
          Semprot dengan air keran yang dingin pada biji pelir satu menit setiap mandi.  
-
          Minum satu kapsul vitamin E (400 unit) setiap hari  
-
          Jika jumlah sperma dibawah 10 juta per ml, obat Andriol 40 mg sehari dapat dicoba.  
-
          Jika kulit biji pelir menebal dan gatal, ia terkena penyakit jamur dan perlu cream dan bedak anti jamur .  
-
          Jika ia mengalami varicocele, vena-vena yang membesar tersebut dapat diikat oleh seorang Urolog.  
-
          Jika ia tidak memiliki sperma di dalam semen dan testisnya berukuran normal, tidak adanya sperma mungkin disebabkan karena obstruksi. Ia akan dirujuk ke Urolog untuk diperiksa testis dan epididimis dan untuk mendapatkan sperma yang akan  disimpan beku untuk keperluan IVF dan ICSI di masa mendatang.  

Apa yang dimaksud dengan Intra Uterine Insemination (IUI) ?  
1.     Cairan Semen dibawa ke laboratorium dalam dua jam setelah diproduksi.  
2.     Media kultur diletakkan diatasnya. Sediaan diletakkan di dalam inkubator pada temperatur 37 derajat Celcius selama satu sampai dua jam. Sperma yang sangat motil akan berenang ke atas media kultur.  
3.     Lapisan paling atas yang subur kemudian dipindahkan dan dikirim ke klinik dimana  akan dimasukkan ke dalam uterus menggunakan kateter fleksibel.  
4.     Prosedur ini dilakukan selama waktu ovulasi supaya meningkatkan kemungkinan konsepsi.  
5.     IUI lebih efektif jika dikombinasi dengan induksi ovulasi.  
         (Lihat IUI dsb bayi-bayi dan anak-anak)

Bagaimana induksi ovulasi dilakukan ?  
        Jika anda memiliki sekurang-kurangnya satu tuba falopii yang tidak tersumbat, dan jika konsentrasi sperma suami anda sekurang-kurangnya 5 juta per ml, dan jika anda belum pernah mencoba metode pengobatan ini, tiga siklus dari induksi ovulasi dapat dicoba.
Protokol Induksi Ovulasi  
1       Anda minum satu tablet (50mg) clomiphene citrate (Duinum) dari hari ke-3 sampai 7 dari siklus menstruasi anda.
2       Pada hari ke 8 siklus menstruasi anda, anda akan disuntikkan 1 ampul Gonal F (75 unit), dibawah kulit perut anda menggunakan jarum halus di daerah 4 cm dibawah pusar.
3       Hal ini diulangi pada hari ke-10 dan 12 siklus menstruasi anda. Anda dapat melakukan penyuntikkan ini sendiri atau meminta perawat atau dokter keluarga anda untuk melakukannya.
4       Gunakan urin ke-2 anda untuk memeriksa Luteinizing Hormone (LH). Hal ini dilakukan mulai hari ke 12 sampai 16 siklus menstruasi anda. Alat tes LH ini berupa kaset yang ke dalamnya diteteskan beberapa tetes urine. Anda dapat membaca hasilnya dalam waktu 15 menit. Keberadaan 2 garis mengindikasikan keluarnya LH yang menandakan akan terjadinya ovulasi. Hal ini diharapkan terjadi pada hari ke 15 atau 16 siklus menstruasi anda.
5       Silakan berhubungan intim pada malam setelah LH positif dan malam ke-2 setelahnya. Letakkan tiga lembar tissue di vulva anda dan tutup kedua paha anda untuk mencegah tumpahnya cairan semen. Jangan bangun selama 1 jam untuk membiarkan sperma hidup berenang melalui lendir serviks. Setelah 1 jam anda dapat berkemih dan mencuci vulva anda. Anda akan melihat sejumlah semen keluar. Jangan khawatir. Hal itu berisi sperma yang sudah tidak bergerak.
6       (Jika anda berhubungan intim di luar waktu tersebut, anda dapat dengan bebas untuk bangun kemudian berkemih dan mencucinya segera setelah berhubungan)
7       Jika menstruasi anda terlambat 1 minggu, silakan periksakan urin untuk tes kehamilan. Jika hasilnya positif, silakan datang kesini atau ke dokter kandungan setempat 1 minggu kemudian untuk pemeriksaan USG untuk mencari kantung kehamilannya.
8       Jika menstruasi anda datang lagi, tuliskan tanggal pada jadwal anda dan fax ke no +65 6738 3808. Minum 1 tablet Duinum 50 mg tiap hari dari hari ke-3 menstruasi anda selama 5 hari.
9       Datang ke Singapura hari ke-8 siklus mens anda dan bertemu dengan saya untuk mendapatkan stimulasi ovarium menggunakan Gonal F. Anda akan tinggal di Singapura selama 1 minggu.
10     Setelah urin anda diperiksa LH dan hasilnya positif, suami anda dapat datang ke Singapura malam itu.
11     Pagi harinya, suami anda akan diminta mengeluarkan semen jam 8 pagi di hotel dan bawa ke laboratorium PfC sebelum jam 9 pagi. Jika mau, dia dapat mengeluarkan semen di Parkway Fertility Center jam 8.30 pagi. PfC lab akan mengambil sperma yang hidup dalam 2 jam. Anda dapat mengambil sperma yang telah dicuci ada jam 11 siang dan membawanya ke klinik Dr. Lim untuk dilakukan inseminasi.
12     Jangan berkemih dahulu. Kandung kemih yang penuh dapat membantu pemeriksaan USG rahim anda sehingga bisa menuntun kateter Wallace masuk ke dalam rahim. Inseminasi dalam rahim biasanya selesai pada jam 12 siang.
13     Anda bersama suami anda dapat kembali ke negara anda pada jam 3 sore setelah selesai dilakukan inseminasi.

Apa yang dimaksud dengan Polikistik Ovarii (PCO)
       
Polikistik Ovarii adalah suatu kondisi yang tidak berbahaya, dimana terdapat banyak folikel (kista) kecil di dalam ovarium. Kondisi ini disebabkan oleh karena terganggunya fungsi  metabolisme insulin. Gejala-gejala yang memperkuat mengidap PCO yaitu haid yang tidak teratur dan jarang, tidak subur dan tingginya kemungkinan keguguran. Wanita yang diberi obat induksi ovulasi sering kali memberi respon yang berlebihan sehingga terjadi sindrom yang diberi nama sindroma hiperstimulasi ovarium. 

    Metformin membantu memperbaiki kondisi akibat PCO. Metformin adalah  obat anti diabetes. Efek samping dari obat tersebut adalah gangguan pencernaan (dispepsia) dan penurunan berat badan. Konsumsi obat dapat dilakukan secara bertahap sampai dengan dosis maksimal 500mg, tiga kali sehari setelah makan. Penelitian menunjukkan konsumsi dari Metformin dapat mengurangi resiko keguguran.

Apa yang dimaksud dengan test patency  Tuba Falopii ?  
        Tuba falopii anda akan diperiksa apakah ada sumbatan.  
        Yang paling awal adalah melakukan pemeriksaan sinar X disebut Hysterosalpingogram (HSG). Ini dilakukan pada hari ke 7 atau hari ke 8 dari siklus menstruasi. Anda akan dibawa ke departemen radiologi. Cairan radio-opak akan dimasukkan kedalam uterus anda dan tuba falopii. Foto sinar X akan dilakukan untuk melihat  tumpahan cairan keluar dari tuba anda. Pada saat anda menjalani pemeriksaan ini, anda  akan mengalami rasa tidak nyaman.  
        Karena pengobatan induksi ovulasi dapat membantu beberapa pasangan untuk hamil dengan rasa tidak nyaman yang minimal, dan karena kebanyakan pemeriksaan sinar X dari tuba falopii memperlihatkan tidak ada sumbatan, lebih dipilih mencoba satu siklus induksi ovulasi sebelum melakukan HSG.  
        Cara lain untuk menilai apakah tuba falopii anda tersumbat adalah melakukan operasi yang dinamakan video-laparoskopi dan hidrotubasi. Ini adalah prosedur invasif dengan memasukkan alat melalui dinding perut untuk melihat uterus anda, ovarium dan tuba falopii. Ini dilakukan tanpa rasa sakit dengan anestesi umum.  
        Methylene blue ditambahkan kedalam air steril, dimasukkan kedalam uterus dan keluar melalui tuba untuk memeriksa sumbatan. Keuntungan utama dari prosedur ini adalah berbagai masalah yang menyebabkan kegagalan untuk hamil dapat diatasi pada saat yang sama. Termasuk dalam  hal ini adalah endometriosis, kista ovarii dan perlengketan rongga panggul. Tuba falopii yang tersumbat dapat juga dibuka. Prosedur laparoskopi dapat digunakan untuk diagnosa dan juga sebagai pengobatan.
        Kerana pengobatan induksi ovulasi dapat membantu beberapa pasangan untuk hamil dengan rasa tidak nyaman yang minimal, dan karena kebanyakan pemeriksaan laparoskopi tuba falopii tidak menunjukkan adanya sumbatan,  lebih dipilih  mencoba satu siklus induksi ovulasi sebelum menjalani operasi.  

Test apa saja untuk mengetahui ovulasi ?  
        Status ovulasi dinilai dengan memperhatikan panjang dan keteraturan siklus menstruasi. Jika anda mempunyai panjang siklus lebih pendek dari 26 hari, akan berguna untuk melakukan test Follicle Stimulating Hormone (FSH) pada hari kedua dari siklus menstruasi untuk melihat persediaan sel telur.  
        Jika anda mengalami interval antar  menstruasi lebih dari 34 hari, dicurigai penyakit polikistik ovarii (PCOD / Polycystic Ovarian Disease). Hal ini dapat dipastikan dengan menemukan cincin dari folikel kecil di ovarium anda dengan pemeriksaan ultrasonografi.  Pada PCOD, kadar LH basal meningkat dan biasanya lebih dari dua kali kadar FSH pada hari kedua dari siklus menstruasi anda.  
        Jika anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur dan diduga bermasalah dengan ovulasi, anda akan diberikan perjanjian untuk kembali pada hari kedua dari menstruasi berikutnya untuk diambil darahnya dan diperiksa hormon-hormon : Follicle Stimulating Hormon, Luteinizing Hormon, Estradiol, Testosteron, Thyroid Stimulating Hormon dan Prolactin.  
       Sel telur berkembang dalam struktur berisi cairan dinamakan folikel. Biasanya 14 hari setelah hari pertama menstruasi, folikel ini membuka (ovulasi) melepaskan sel telur (oocyte). Dinding folikel yang tersisa berkembang menjadi badan kuning (corpus luteum) yang menghasilkan hormon dinamakan Progesteron. Progesteron mempersiapkan lapisan dalam (Endometrium) uterus untuk implantasi dari sel telur yang sudah dibuahi (embrio). Kadar progesteron yang meningkat 7 hari sebelum mens berikutnya menunjukkan ovulasi telah terjadi.  
        Progesteron juga menaikkan temperatur tubuh basal (BBT/Basal Body Temperature). BBT adalah temperatur tubuh diukur pada saat bangun  tidur di pagi hari. Pada grafik siklus menstruasi, pergeseran ke temperatur yang lebih tinggi yang terlihat pada kira-kira pertengahan siklus menunjukkan ovulasi.  
        Folikel yang berkembang dapat dilihat dengan menggunakan pemeriksaan ultrasonografi trans vaginal. Pada siklus yang tidak terstimulasi, hanya satu dari banyak folikel kecil akan tumbuh dan berovulasi. Hal ini dapat ditelusuri dengan menggunakan pemeriksaan ultrasonografi transvaginal. Pada siklus yang tidak terstimulasi, ovulasi akan segera terjadi jika rata-rata diameter rata-rata folikel utama lebih dari 16 mm. Meskipun demikian jika anda mendapat obat-obatan untuk menstimulasi produksi sel telur, ovulasi biasanya terjadi setelah rata-rata diameter folikel utama mencapai 20 mm.  
        Endometrium dapat menunjukkan pengaruh dari progesteron. Biopsi specimen dari endometrium dapat digunakan untuk menunjukkan ovulasi telah terjadi. Meskipun demikian, prosedur biopsi mungkin tidak nyaman.  
        Banyak test dapat menunjukkan hanya sesudah ovulasi terjadi dan tidak berguna dalam memperkirakan ovulasi yang akan segera terjadi untuk keperluan waktu senggama atau inseminasi.  
        Test Luteinizing Hormon pada urine dapat memperkirakan ovulasi dalam waktu 24 sampai 36 jam. Test urine ini dapat dikerjakan sendiri pada specimen urine pagi pertama selama 5 hari ketika diperkirakan terjadi ovulasi.  
        Untuk mengetahui ovulasi dan waktu senggama atau inseminasi intrauterine, yang lebih dipilih adalah menggunakan pemeriksaan ultrasonografi trans vaginal untuk menilai ukuran folikel. Karena folikel tumbuh kira-kira 2 mm per hari, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai 20 mm dapat diperkirakan. Test LH urine digunakan pada saat waktu perkiraan untuk mengantisipasi hari ovulasi dengan lebih tepat.  

Apa yang dimaksud dengan Operasi Laparoskopi pada  Infertilitas ?  
        Ini adalah operasi invasif yang minimal, dilakukan dengan anestesi umum dimana incisi kecil di perut dapat membuat alat khusus menilai keadaan organ di rongga panggul dan mengatasi masalah di rongga panggul.  
        Laparoskopi digunakan untuk menilai status kesehatan tuba falopii. Tuba falopii tidak tersumbat jika terdapat tumpahan dari pewarnaan methylen-blue yang masuk ke dalam uterus dari bawah.  
        Operasi laparoskopi dapat mengangkat kista ovarii dan myoma, memisahkan perlengketan dan sisa-sisa kerusakan dari endometriosis. Tujuannya adalah memperbaiki rongga panggul menjadi keadaan sehat.  
        Waktu yang terbaik untuk melakukan laparoskopi adalah setelah menstruasi. Sehari sebelum prosedur dilakukan, diberikan obat-obatan untuk membersihkan usus.

Pada umbilikus dibuat sayatan 1 cm untuk laparoskop. Organ rongga panggul dilihat dan 2 atau 3 buah incisi 0,5 mm dibuat di perut bawah untuk masuknya alat khusus melakukan operasi yang diperlukan. Lamanya operasi bervariasi menurut tindakan yang dilakukan, berkisar antara setengah sampai dua jam.  
        Setelah prosedur, anda hanya akan merasakan sedikit rasa tidak nyaman dan dapat pulang ke rumah pada hari berikutnya dan dapat kembali bekerja dalam satu minggu.  
        Jika laparoskopi dilakukan untuk penilaian fertilitas, akan lebih baik jika dilakukan pemeriksaan histeroskopi pada saat yang sama.  

Apa yang dimaksud dengan Histeroskopi ?  
        Histeroskopi adalah suatu prosedur untuk memeriksa keadaan di dalam uterus dengan menggunakan alat optikal (histeroskop) yang dimasukkan melalui cervix dari bawah. Pemeriksaan ini akan dapat melihat abnormalitas di dalam rongga uterus. Histeroskopi yang dilakukan sebelum IVF berguna karena dapat melihat dan mengatasi polip dan masalah lain di dalam uterus. Ini juga memperbesar dan menghaluskan saluran dari leher uterus (cervix) ke dalam rongga uterus. Hal ini mempermudah penempatan  embrio dan memperbesar kemungkinan hamil.  
        Histeroskopi biasanya dikerjakan sebagai prosedur operasi sehari. Satu tablet Cytotec dimasukkan ke dalam vagina 2 jam sebelum prosedur untuk membuka leher uterus. Anestesi umum yang singkat membuat histeroskopi dilakukan tanpa rasa sakit. Infus saline dan glycine pada 100 mm Hg untuk memperlebar uterus supaya bagian dalam uterus dapat diperiksa.  

   

Halaman Utama,   Pesta Anak-anak,   Pendahuluan,   Konsultasi Pertama,   Pemeriksaan,   Indikasi,   Protokol bayi tabung,  Pertanyaan tersering ditanyakan,   Kontak Dr.Charles,   Peta Lokasi,  English                                     

 

Berikut       

       Hak cipta 2014    ivf-treatment.com   Seluruh hak dilindungi